Bineka.co.id, Makassar – Inovasi perbankan dari tahun ke tahun makin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi keuangan termasuk di Sulawesi Selatan (Sulsel). Salah satu kemudahan itu ialah menghadirkan layanan bank makin dekat bermodal jempol.

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memiliki dua jurus utama dalam memudahkan transaksi ini, yakni Octo Mobile dan Octo Click. Bahkan berkat kedua layanan ini, mayoritas transaksi CIMB Niaga kini dilakukan secara digital.

“Saat ini, lebih dari 90% transaksi di CIMB Niaga dilakukan melalui digital. OCTO Mobile dan OCTO Clicks menjadi salah dua kontributor utama yang makin menegaskan bahwa kanal digital adalah pusat interaksi nasabah terkini,” ujar Head of Digital Banking & Contact Center PT Bank CIMB Niaga Tbk, Lusiana Saleh melalui keterangan tertulis, Sabtu 27 September 2025.

Transformasi digital ini menjadi pintu bagi semua kalangan baik individu yang ingin bertransaksi maupun para pelaku usaha di Sulsel yang mesti mengikuti perkembangan zaman akibat persaingan dan pola pelanggan yang telah berubah. Terdapat perubahan preferensi masyarakat dalam bertransaksi ke digital yang kini semakin tinggi.

“Adapun transaksi finansial melalui OCTO (website dan aplikasi) meningkat sebesar 35% pada semester I 2025. Pertumbuhan yang konsisten ini menunjukkan perubahan preferensi pengguna yang signifikan dan juga semakin tingginya kepercayaan nasabah terhadap kanal digital sebagai pilihan utama,” terang Lusiana Saleh.

Di tengah dinamika perekonomian yang sedang dalam ketidakpastian akibat efisiensi dalam negeri, pelemahan daya beli masyarakat maupun dinamika global, CIMB Niaga kata Lusiana akan terus menghadirkan inovasi digital tanpa mengurangi kualitas, meningkatkan produktivitas dan memperkuat customer engagement.

Apalagi kini CIMB Niaga telah menginjak usia ke-70 tahun. CIMB Niaga akan terus berinovasi untuk menghadirkan layanan yang simpler, better, dan faster sejalan dengan corporate purpose Advancing Customers & Society.

Hingga Juni 2025, tercatat 3,6 juta pengguna aplikasi OCTO Mobile. Fokusnya, tentunya tidak hanya jumlahnya yang tumbuh, tapi juga kualitas pemakaiannya: lebih banyak fitur digunakan, lebih sering dipakai.

“Kami terus belajar dan memperbaharui sistem keamanan transaksi sesuai best practices terkini. Semua ini kami lakukan dengan mempertimbangkan kenyamanan pengguna. Fokus kami adalah agar aplikasi OCTO Mobile aman di belakang layar tapi tetap nyaman saat digunakan,” tutup Lusiana Saleh.

Bagi CIMB Niaga, digital bukan sekadar strategi tapi merupakan identitas. Lewat aplikasi OCTO Mobile, CIMB Niaga ingin mengubah interaksi finansial (mulai dari transaksi, investasi hingga layanan) jadi cepat, personal, dan kontekstual.

Dukungan Demi Keberlanjutan

CIMB Niaga juga memiliki fokus pada pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat khususnya para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) wanita dan teman disabilitas di Indonesia Timur termasuk Sulsel yang selama ini memiliki akses pembiayaan perbankan yang terbatas. Dukungan tersebut diwujudkan melalui Program Community Link #JadiBerkelanjutan bertajuk Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Berkelanjutan yang telah memasuki musim ketiga bersama mitra pelaksana BerdayaBareng.

Program ini telah dilaksanakan sejak 2022 telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 690 pelaku UMKM di wilayah Mamminasata (Makassar, Maros, Gowa, dan Takalar), Toraja, Manado, Kupang, Balikpapan dan Samarinda. Dari jumlah tersebut, 150 UMKM telah memperoleh akses keuangan tanpa bunga yang membantu mereka memperluas skala usaha secara mandiri.

Di tahun 2025 ini saja, CIMB Niaga telah meluluskan 50 pelaku UMKM terpilih di Indonesia Timur termasuk Kota Makassar melalui acara Graduation dan Site Visit di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam acara ini juga diumumkan pembentukan Komunitas UMKM di tiga wilayah: Makassar, Manado dan Balikpapan yang diharapkan menjadi pusat kolaborasi, penguatan kapasitas, dan pengembangan jaringan usaha di daerah.

“Community Link #JadiBerkelanjutan merupakan wujud nyata komitmen CIMB Niaga dalam menciptakan dampak sosial yang inklusif dan berkelanjutan. Program ini tidak hanya membekali para pelaku UMKM dengan keterampilan usaha dan literasi keuangan, tetapi juga memberikan pendampingan dan membuka akses pembiayaan tanpa bunga untuk mendukung ekspansi usaha mereka,” ujar Branch Area Head Kalimantan Region Area VII CIMB Niaga Heny Susetyorini.

Sejak awal, program ini secara konsisten membuka ruang seluas-luasnya bagi pelaku usaha dari kelompok rentan, termasuk perempuan dan penyandang disabilitas. Upaya ini menjadi bagian dari komitmen CIMB Niaga dalam membangun sistem ekonomi yang inklusif, dengan memberikan kesempatan setara untuk bertumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Founder Berdaya Bareng Nicky Clara menyampaikan sejak pertama kali program ini dijalankan ia memiliki visi untuk menciptakan UMKM yang mandiri dan berdaya saing tinggi di Indonesia Timur. Pada musim ketiga ini, tidak hanya melanjutkan misi edukasi, tetapi juga membentuk komunitas UMKM yang menjadi pionir keberlanjutan dan inklusi di wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Dengan dibentuknya komunitas UMKM di Balikpapan, Makassar, dan Manado, CIMB Niaga berharap semangat kolaboratif dapat terus hidup dan berkembang. Komunitas ini dirancang sebagai ruang pertukaran pengetahuan, dukungan usaha, dan penguatan jejaring antar pelaku UMKM, sehingga dampak program tidak berhenti pada pelatihan semata, tetapi terus berlanjut dalam ekosistem yang saling menguatkan.

Program Community Link #JadiBerkelanjutan merupakan bagian dari pilar ketiga program CSR CIMB Niaga, yaitu Pemberdayaan Ekonomi, yang sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Dengan keberhasilan pelaksanaan musim ketiga ini, kami berharap inisiatif ini dapat terus berlanjut dan diperluas. Kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan menjadi kunci dalam menciptakan dampak yang lebih luas bagi masyarakat,” tutup Heny.

Bagi-Bagi Promo

CIMB Niaga juga menghadirkan beragam promo menarik spesial HUT 70 Tahun CIMB Niaga yang dapat dinikmati oleh para nasabah untuk meraih mimpi-mimpinya. Bagi nasabah yang sedang merintis keluarga tersedia program KPR HUT ke-70 untuk mewujudkan rumah idaman mulai dari bunga 6,20% fixed 5 tahun, sementara orang tua yang ingin menyiapkan masa depan anak dapat memanfaatkan Tabungan Goal Savers Junior. Kesempatan menikmati gaya hidup sehat dan bahagia hadir melalui beragam promo mitra lifestyle, sedangkan kebutuhan liburan dan belanja keluarga diperkuat dengan keuntungan tambahan melalui kartu kredit, festival belanja, serta cashbackdi berbagai merchant. Nasabah juga bisa berkesempatan untuk memenangkan beragam hadiah seperti mobil listrik, gadget kekinian dan XTRA bonus lainnya melalui program XTRA Carnival, Goal Savers dan Festival XTRA.

Potret deretan ATM CIMB Niaga di salah satu Lobby. (Dok. Ikatan Bangkir Indonesia)

Aspirasi menuju kebebasan finansial juga difasilitasi melalui program investasi seperti reksa dana dan Money Market Fund, sedangkan bagi nasabah yang mengutamakan keberkahan tersedia penawaran khusus dari CIMB Niaga Syariah, seperti promo diskon Rp250.000 untuk pembiayaan Motor XTRA dengan minimal plafon Rp25 juta. Seluruh program ini semakin lengkap dengan dukungan layanan digital yang aman dan cepat melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, hingga BizChannel@CIMB, yang terus bertransformasi menjadi sahabat finansial modern. Informasi lengkap program promoHUT 70 CIMB Niaga dapat diakses melalui link berikuthttps://cimb.id/HUT70KejarMimpi

“Kami berharap beragam program yang kami hadirkan dapat terus meningkatkan loyalitas nasabah. Di usia ke-70, CIMB Niaga siap melangkah ke depan dengan penuh keyakinan untuk mengukir lebih banyak kisah sukses bersama nasabah. Dengan semangat bekerja dari hati (Work From Heart), kami berkomitmen untuk terus menyediakan layanan finansial yang relevan bagi nasabah individu dan bisnis, sekaligus mendukung kemajuan Indonesia melalui solusi digital dan keberlanjutan,” ujar Lani.

Ekonom Beri Apresiasi

Beragam capaian dan layanan terbaik yang dihadirkan oleh CIMB Niaga juga diakui oleh Ekonom dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang juga bangkir senior, Sutarjo Tui. Menurutnya, semua hal akan mengarah ke digital, apalagi dengan banyaknya anak muda alias Gen-Z yang makin melek teknologi.

“Memang kemajuan sekarang itu harus dia berdigital, bukan masyarakat makin sibuk tapi orang berkurang datang ke bank kecuali kaum-kaum yang sudah tua mereka masih melakukan transaksi manual. Tapi dengan anak muda alias Gen-Z mereka menguasai teknologinya, melek teknologi suka digital dan itu juga mempermudah perbankan sehingga perbankan bisa membuat teknologi yang memudahkan dan menghemat biaya,” ujar mantan pimpinan salah satu Bank BUMN itu ketika dihubungi Bineka.co.id melalui sambungan telepon, Minggu 28 September 2025.

Potret Ekonom Unismuh, Sutardjo Tui. (Dok. Istimewa)

Keuntungan dari layanan digital ini kata Sutardjo karena cenderung lebih murah, aman bahkan riwayat transaksinya bisa diperiksa dengan lebih cepat.

“Bagi CIMB Niaga itu adalah aktivitas paling bagus, murah, memberikan keamanan, gampang di lacak transaksinya, jadi semuanya memang mesti berdigital,” pintanya.

Kendati demikian, transformasi ini tidak serta merta meninggalkan fungsi dari kantor-kantor cabang di daerah. Menurutnya, masih banyak juga Gen-Z hingga orang tua atau kalangan baby boomers yang lebih suka datang langsung ke bank.

“Memang juga mesin tidak bisa menjawab semua karena disetting melalui aplikasi, jadi paling mudah ya datang ke kantor cabang,” jelasnya.

Data hingga 30 Juni 2025, layanan CIMB Niaga telah didukung oleh 11.829 karyawan (konsolidasi), 395 kantor cabang dan jaringan (termasuk 34 Digital Lounge), 2.962 ATM, serta 699.309 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

“Dan ada kebanggaan tersendiri kalau kita ambil uang datang ke kantor-kan,” tambahnya.