Bineka.co.id, Makassar – Mobil sport, atau sportscar, adalah jenis kendaraan yang dirancang untuk memberikan performa tinggi, pengendalian presisi, dan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Dengan memaksimalkan semua aspek teknisnya, sportscar memberikan sensasi unik saat dikemudikan di jalan.
Ciri khas mobil sport terletak pada desain aerodinamis, bodi ringan namun kokoh, sistem suspensi yang dirancang untuk respons optimal, dan mesin bertenaga tinggi. Meskipun kemampuannya menyerupai mobil balap, sportscar tetap legal di jalan raya, memungkinkan penggunaan sehari-hari.
Sportscar Toyota Pertama di Dunia
Toyota memperkenalkan sportscar pertamanya pada April 1965, yaitu Sports 800. Meski berdimensi kecil, Sports 800 memiliki performa impresif di zamannya. Mesin 790 cc-nya menghasilkan tenaga 45 dk dan torsi 67 Nm. Model ini bukan hanya pelopor sportscar Toyota, tetapi juga menjadi bagian dari eksperimen teknologi hybrid dengan kombinasi mesin gas turbin dan motor listrik yang sempat dipamerkan di Tokyo Motor Show 1977. Sports 800 dijuluki “Yoto-hachi” atau “Sports 8”.
Era sportscar Toyota di bawah naungan GAZOO Racing (GR) dimulai pada 2019 dengan hadirnya GR Supra. GR mengembangkan model ini dari nol, berpegang pada filosofi “Road train people, people make cars” dan “Go where customer goes”. Fokusnya adalah menciptakan mobil yang menyenangkan dikendarai, baik di jalan raya maupun di lintasan.
GR Supra: Kombinasi Presisi dan Kenyamanan
GR Supra diuji di sirkuit legendaris Nurburgring dan di berbagai kondisi jalan dunia untuk memastikan performa dan keandalannya dalam penggunaan harian. Tiga aspek utama yang disempurnakan adalah wheelbase, tread, dan center of gravity, menciptakan keseimbangan ideal yang membuat GR Supra begitu responsif dan stabil.
Pada 2022, GR Supra mendapatkan pembaruan signifikan di sektor handling. Velg 19 inci forged aluminium yang baru lebih ringan 1,2 kg per unit, dengan tambahan warna bodi Matte Mineral White, Portimao Blue, dan Sparkling Copper Gray. Kabin tetap berorientasi pada pengemudi, dengan jok elektrik dan tata letak ergonomis untuk kenyamanan balap maupun touring.
Panel instrumen digital 8,8 inci mudah dibaca, dan sistem audionya kini diperkuat 12 speaker JBL. Di balik kapnya, GR Supra mengandalkan mesin 3.000 cc 6-silinder inline dengan twin-scroll turbocharger, menghasilkan 350 PS dan torsi 500 Nm. Tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis 8-speed dengan rasio rapat untuk akselerasi agresif dan kenyamanan cruising.
Toyota juga meningkatkan sistem suspensi adaptif (AVS), EPS, dan VSC untuk mengoptimalkan kontrol dan rasa kemudi, membuat GR Supra tak hanya cepat, tapi juga intuitif dikendalikan.
GR86: Kesenangan Berkendara yang Murni
DNA sportscar Toyota berlanjut ke GR86, generasi lanjutan dari Toyota 86 yang pertama hadir di Indonesia tahun 2012. Mobil ini melanjutkan semangat AE86 yang legendaris dari era 1980-an. GR86 tetap mempertahankan karakter fun to drive dengan pengendalian presisi, mesin responsif, dan bobot yang ringan.
Hadir di Indonesia pada Agustus 2022, GR86 mengusung gaya sport klasik dengan layout mesin depan dan penggerak roda belakang (RWD). Kap panjang, kabin ringkas, dan bodi lebar memperkuat kesan retro-modern. Kokpit didesain driver-oriented, lengkap dengan bucket seat dan visibilitas maksimal, memberikan pengalaman mengemudi khas pembalap.
Untuk mendukung performa, bodi GR86 diperkuat dengan material ringan berkekuatan tinggi. Suspensi direvisi untuk karakter peredaman yang prediktif, mendukung kelincahan dalam bermanuver. Mesin boxer 4-silinder berkapasitas 2.387 cc menghasilkan tenaga 235 PS dan torsi 250 Nm, meningkat signifikan dari generasi sebelumnya.
Peningkatan ini memberikan akselerasi mulus dan bertenaga dari putaran rendah hingga tinggi, ideal untuk penggunaan harian maupun lintasan. Dilengkapi Torsen limited-slip differential, GR86 memberikan traksi optimal saat bermanuver di tikungan tajam.
Kombinasi desain, rekayasa presisi, dan performa yang disempurnakan menjadikan GR Supra dan GR86 simbol semangat GAZOO Racing: pushing the limits for better driving pleasure, baik di jalanan maupun di lintasan.
Tinggalkan Balasan