MAKASSAR, SULAWESI SELATAN – Pertamina Patra Niaga mempercepat transformasi layanan dan operasional SPBU di Regional Sulawesi dan Maluku-Papua melalui sosialisasi Pertamina Way 2.0 dan skema Kerja Sama Operasi (KSO). VP Retail Sales Pertamina Patra Niaga, Eko Ricky Susanto, memimpin langsung kegiatan ini bersama jajaran manajemen dan dihadiri pengelola SPBU serta insan Pertamina di kedua wilayah.

Pertamina Way 2.0 fokus pada penguatan budaya kerja (“mengedepankan integritas, orientasi pelanggan, akuntabilitas, dan kemampuan beradaptasi secara lincah”), peningkatan layanan pelanggan (“dimulai dari penyambutan ramah, memastikan kendaraan mati sebelum pengisian BBM, menunjukkan angka nol sebelum mulai, hingga menawarkan metode pembayaran digital via aplikasi MyPertamina dan menutup transaksi dengan ucapan terima kasih”).

Terakhir dengan pemenuhan hak pekerja SPBU (“pemberian upah sesuai ketentuan UMR/UMP/UMK, perlengkapan kerja standar, dan sistem reward berdasarkan hasil audit”). SPBU yang memenuhi kriteria berpeluang meraih sertifikasi Pasti Pas Good dalam setahun.

Dalam kesempatan yang sama, Eko Ricky Susanto melakukan Management Walkthrough di Integrated Terminal Makassar untuk memastikan kesiapan distribusi BBM—”memastikan kesiapan fasilitas distribusi energi—dari penerimaan, pembongkaran, hingga penyaluran BBM ke SPBU—dengan tetap menjaga kualitas dan kuantitas sesuai standar.”

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fanda Chrismianto, menekankan bahwa kegiatan ini bertujuan memperkuat sinergi pusat dan daerah demi optimalisasi operasional SPBU di kawasan timur Indonesia.

“Dengan penyelarasan budaya kerja dan pelayanan yang prima, Pertamina Patra Niaga berharap dapat terus meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendukung ketahanan energi nasional secara berkelanjutan,” ujar Fanda.

Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam mendukung penyediaan energi yang andal.