Bineka.co.id, Makassar – Kadang kita masih ragu-ragu untuk langsung pergi ke dealer untuk membeli motor impian kita. Apakah itu karena malu-malu, uang yang belum cukup, atau hanya perkara jarak tempuh.

Hal ini menjadi masalah yang coba dijawab oleh Astra Honda Motor (AHM) dan Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) melalui asisten digital bernama Amanda. Hanya bermodal ponsel pintar dan aplikasi Whatsapp, Amanda bisa membantu para calon pengendara untuk memilih kendaraan impiannya.

“Saya selalu siap membantu anda untuk memberikan informasi seputar motor Honda kesayangan anda, anda bisa tanya Amanda di mana saja dan kapan saja,” tulis dari video profile Amanda yang dilansir dari youtube resmi Astra Motor, Rabu 30 Juli 2025.

Beda dengan sales motor yang hanya bisa calon pengendara tanya saat jam-jam kerja, Amanda bisa membantu para konsumen 24 jam. Hal ini menjadi salah satu keunggulan asisten ini.

Respon Amanda juga lebih cepat karena berbasis sistem hanya hitungan detik. Selain itu, Amanda juga bisa memerikan rekomendasi motor yang cocok dengan personalisasi konsumennya.

Hal ini tampak saat redaksi Bineka.co.id menjajal fitur-fitur dari Amanda. Seperti bertanya terkait fitur-fitur salah satu motor Honda yakni PCX160, fitur-fiturnya, simulasi cicilan, metode pembayaran motor, informasi dokumen (BPKB, aftersales, katalog motor, layanan pelanggan) dan update promo menarik. Semua dijawab dengan lengkap. Amanda juga mengarahkan konsumen ke website-website resmi Astra Motor untuk informasi lebih lanjut. Bahkan, Amanda bisa mengarahkan konsumen ke sales Honda secara langsung, jika memang benar-benar tertarik.

Amanda juga bisa dihubungi melalui facebook, instagram, website resmi Astra Motor yakni www.astramotor-md.co.id/amanda, nomor telepon whatsapp Amanda : 0822 1008 8133 atau scan kode QR whatsapp yang tersedia di dealer-dealer Honda.

“Ingin urusan motor jadi mudah, yuk chat Amanda sekarang juga,” tegasnya dalam video.

Amanda hanyalah satu dari banyaknya fitur-fitur yang disediakan oleh Astra Motor bagi para konsumennya yang terbungkus dalam Honda Care (Honda Customer Assistance & Road Emergency). Diketahui, Honda Care adalah layanan purna jual yang siap membantu pelanggan dalam kondisi darurat maupun kebutuhan service ringan. Layanannya meliputi: bantuan darurat di jalan, layanan servis kunjung ke rumah, informasi penjualan sepeda motor Honda, serta informasi pembelian dan ketersediaan suku cadang (sparepart).

Honda Customer Care Center (HC3) Manager Asmo Sulsel, Andre Widya Kurniawan menegaskan Asmo Sulsel berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen tercermin melalui kehadiran Honda Care ini.

“Layanan ini tidak hanya menjadi solusi atas kebutuhan purnajual, tetapi juga menunjukkan pemanfaatan digitalisasi untuk menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan,” tuturnya dalam keterangan tertulis.

Honda Care juga menjadi bukti kepedulian Honda yang tidak hanya menitikberatkan pada aspek penjualan motor tapi juga kepuasan konsumen setelah membeli motor tersebut.

“Lebih dari sekadar fokus pada penjualan, Astra Motor Sulsel terus memperkuat perannya dalam merawat kepuasan pelanggan melalui layanan purnajual yang proaktif dan responsif,” tutupnya.

Selain Amanda, konsumen bisa mengakses layanan Honda Care melalui kanal lainnya yakni aplikasi Motorku X, call center AHM di 1-500-989 dan whatsapp Honda Sulsel di nomor 081210006006