Bineka.co.id, Makassar – Toyota Agya menjadi salah satu primadona mobil di segmen city car hatcback untuk kalangan menengah ke bawah. Mobil lima kursi ini dinilai cocok bukan hanya untuk anak muda melainkan juga keluarga.
Hal ini diungkapkan oleh salah satu calon konsumen Toyota bernama Asnam di acara Festival Merah Putih di Mall Ratu Indah, Minggu 10 Agustus 2025.
“Cocok untuk anak muda dan keluarga. Saya biasa untuk keperluan harian kemana mana, untuk keluarga juga,” ujar Asnam ketika ditemui Bineka.co.id
Menurut papa muda anak satu ini, ia tertarik memiliki Agya karena desain barunya yang lebih sporty dan lebih keren daripada seri-seri pendahulunya. Harapannya, jika membawa mobil ini di momen-momen kasual seprti liburan maupun serius seperti pernikahan, sama-sama akan tampil prima.
“Kalau dari segi design yang terbaik ketimbang pendahulunya, kalau sekarang lebih bagus, dari sisi sampingnya juga dan depan lebih keren,” pintanya.

Asnam menjatuhkan pilihan ke Agya, bukan cuma karena designnya. Tetapi karena salah satu fiturnya yang tak ada di mobil lain dengan harga yang cenderung sama, yakni fitur paddle shift. Diketahui paddle shift merupakan salah satu fitur mobil bertransmisi otomatis di mana pengendara bisa dengan mudah mengganti transmisi menjadi manual.
“Karena paddle shiftnya, dari semua mobil di harga ini, ini ji yang punya paddle shift, di Brio tidak ada,” jelasnya.
Paddle shift ini kata Asnam memudahkannya dalam berkendara. Sebab, ia memiliki banyak opsi mengemudi tergantung medan atau kondisi jalanan yang sedang ia lewati.
“Dari segi berkendara jadi lebih nyaman,” tegasnya.
Bukan cuma itu, ketersediaan bengkel resmi dan suku cadang yang murah meriah juga menjadi alasan. Asnam yang bekerja sehari-hari sebagai Inspektur Alat Berat itu mengaku kerap melihat banyak temannya kelimpungan mencari suku cadang ataupun bengkel yang terpercaya untuk merk mobil-mobil dari negeri tirai bambu. Oleh karena itu, ia masih lebih memilih pabrikan negeri sakura.
“Ketersediaan bengkel resminya juga jadi alasan saya mau ambil Toyota, merk lain susah, susah suku cadangnya juga pasti susah,” curhatnya.
Segudang Fitur Menarik Agya
Sales Kalla Toyota yang ditemui Bineka.co.id di lokasi bernama Fikhran juga memaparkan beragam keuntungan memiliki mobil Agya, termasuk hemat bahan bakar.
“Karena hemat bahan bakar, terus efisien dan hemat ruang, apalagi di dalam kota kan biasanya macet, jadi cocok banget,” jelasnya.
Toyota Agya juga memiliki dapur pacu berupa dua pilihan mesin bensin berkapasitas tertinggi 1198 cc. Agya tersedia dengan transmisi Manual and CVT tergantung variannya. Agya ialah hatchback 5 seater dengan panjang 3830 mm, lebar 1665 mm, wheelbase 2525 mm. Ada beragam fitur Toyota Agya termasuk, head unit layar sentuh yang cukup besar, power door lock dan anti theft device. Untuk menyalakan dan mematikan mesin-pun, Agya sudah di lengkapi dengan engine push start stop button dan masih banyak lagi.
Promo Bikin Pengedara Merdeka
Fikhran juga membocorkan beragam promo menarik dari Kalla Toyota pada momen kemerdekaan ini. Mulai dari program Smart Upgrade 2.0 yakni Bebas Bayar DP 2x, bebas cicilan hingga 5x, bebas bunga mulai 0%, hingga gratis asuransi hingga 1 tahun.
“Ada juga doorprize seperti voucher belanja, emas, sepeda sama laptop macbook,” tuturnya.
Garang di Lintasan Balap
Agya juga lahir menjadi pemain di area balapan. Teranyar pada bulan Juli lalu Toyota Gazoo Racing Indonesia alias TGRI meraih double podium dalam Kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1200 Seri ke-1 dan ke-2 yang tahun ini menjadi bagian dari Mandalika Festival of Speed (MFoS) 2025 Round 2.

Duet Pembalap TGRI yang masuk ke Kelas Rising Star (Seeded B), Amato Rudolph dan Jordan meraih Juara Kedua dan Ketiga pada Seri ke-1, serta Juara Pertama dan Ketiga pada Seri ke-2.
Di momen yang sama, TGRI meraih Podium Pertama Kejurnas Team A, Kejurnas Team F, dan Kejurnas Wanita gelaran MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2025 Seri ke-2 yang diadakan di Sirkuit Terminal Bus Tipe A Banjar, Jawa Barat.
Bermodalkan All New Agya GR Sport, TGRI juga mendapatkan Podium Kedua dan Ketiga Kelas A3, Podium Kedua dan Ketiga Kelas F (Modifikasi), dan Podium Kedua Kejurnas Tandem. Hal ini diungkapkan oleh Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.
“Kami mendapatkan tantangan tersendiri yakni dua lomba yang diadakan secara bersamaan di sirkuit baru. Dengan semangat continuous improvement, TGRI berusaha secepat mungkin beradaptasi dengan karakter sirkuit supaya dapat tampil all-out, sekaligus memaksimalkan racikan pada All New Agya GR Sport agar sanggup tampil maksimal di tengah persaingan yang tanpa kompromi. Hasil kerja keras pembalap dan engineer TGRI berbuah manis dengan beberapa trophy juara bahkan langsung meraih superpole di Sirkuit Internasional Mandalika. Semoga TGRI dapat terus konsisten guna membuka peluang mendapatkan gelar juara nasional tahun ini,” jelas Jap Ernando Demily dalam keterangan tertulisnya.
Di momen balapan lain, yakni Indonesia Touring Car Race (ITCR), Amato berhasil meraih superpole pada Seri ke-1. Ia tidak menyia-nyiakan peluang meski terpaksa turun ke posisi kedua setelah restart oleh safety car hingga bendera finish dikibarkan dengan total catatan waktu 27:09.122 dalam 12 laps. Jordan sendiri berhasil merebut posisi ketiga meskipun lawan-lawan lainnya berusaha menekan. Ia mengakhiri lomba seri pertama dengan total lap time 27:12.508. Artinya, Amato juga meraih Juara Kedua dan Jordan Juara Ketiga Kelas Rising Star (Seeded B) ITCR 1200 Seri ke-1. Bahkan mengungguli pembalap lain dari Kelas Master (Seeded A).
Race kedua, All New Agya GR Sport mengantarkan keduanya untuk kembali bertahan di peringkat atas dalam 10 putaran lomba. Amato mengakhiri pertarungan di posisi kedua dengan catatan waktu 23:25.256 dan Jordan berada di posisi keempat dengan lap time 23:32.090. Hasil akhir ini sekaligus menempatkan Amato Rudolph sebagai Juara Pertama dan Jordan Johan sebagai Juara Kedua Kelas Rising Star (Seeded B) ITCR 1200 Seri ke-2.
“Kami mengapresiasi kerja keras engineer TGRI di masa adaptasi yang langsung membutuhkan performa terbaik kendaraan, terbukti dari hasil lomba yang konsisten di front row. Kami juga bersyukur saat debutnya di Sirkuit Mandalika, sporty hatchback ini tidak mengalami kendala berarti dan setting kendaraan juga sangat mendukung perjuangan kami. Semoga daya saing tim dapat terjaga dengan target meraih gelar juara nasional ITCR 1200,” urai pembalap TGRI Amato Rudolph.
Agya Jagonya Modif
Tim dealer GR Garage Auto2000 Racing Team turut meramaikan persaingan di Kejurnas ITCR 1200 2025 Seri ke-1 dan ke-2. Mereka membawa 4 unit All New Agya GR Sport yang di-tuning oleh GR Garage by Auto2000, tim berlaga di kategori Rising Star dan Promotion. Kelas Rising Star diwakili oleh Aris Harvenda, H. Doni Damara, dan Romy Tahrizi, dimana kategori Promotion diwakili oleh H. Teddy Darmansyah.
Kolaborasi antara pembalap, mobil balap, dan tuning GR Garage yang didukung oleh TGRI, membuat mereka tampil penuh percaya diri. Di seri pertama, Doni menempati posisi keempat dan Romy finish kelima. Sementara di seri ke-2, Doni bertahan di posisi keempat dan Romy turun ke posisi keenam di Kelas Rising Star ITCR 1200.
Tinggalkan Balasan