Bineka.co.id, Makassar – Upaya memperluas pasar melalui inovasi digital terus dilakukan oleh pelaku usaha lokal. Salah satunya adalah Backhaus, merek kuliner lokal yang menjalin kolaborasi strategis dengan aplikasi Kallafriends. Sejak bergabung sebagai merchant pada Agustus 2023, Backhaus mencatatkan pertumbuhan bisnis yang signifikan dengan memanfaatkan fitur dan ekosistem digital yang disediakan platform tersebut.
Kallafriends sendiri merupakan aplikasi gaya hidup yang menghadirkan lebih dari 140 merchant lintas kategori, mulai dari kuliner, otomotif, pendidikan, kesehatan, gaya hidup, pusat kebugaran, hingga ruang kerja bersama. Aplikasi ini menawarkan berbagai promo menarik yang bisa dimanfaatkan pengguna dalam aktivitas berbelanja sehari-hari.
Sebagai bagian dari kategori food & beverage (FnB), Backhaus mengaku kolaborasi ini sangat menunjang ekspansi bisnis mereka. Berdiri sejak akhir 2022 di NIPAH Park Makassar, Backhaus membuka cabang pertamanya di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) pada Juni 2023. Kehadiran sub-brand “Kiirotart” dengan produk andalan seperti crack tart dan roti manis turut memperluas jangkauan segmen konsumen.
“Kita punya central kitchen yang kita maksimalkan untuk menjangkau berbagai target market,” ujar Muhammad Shafwan, Direktur Utama Backhaus.
Shafwan menambahkan bahwa masing-masing cabang memiliki karakteristik pasar tersendiri. Namun, keduanya mencatatkan pertumbuhan penjualan yang sangat positif.
“Sebagai brand lokal, alhamdulillah kami mengalami pertumbuhan eksponensial dengan pencapaian sales yang sangat baik dari kedua cabang yang memiliki pelanggan loyal masing-masing,” jelasnya.
Sejak menjadi bagian dari ekosistem Kallafriends, Backhaus merasakan dampak langsung dari luasnya jangkauan pasar yang ditawarkan aplikasi ini. Menurut Shafwan, pengguna aplikasi sangat aktif memanfaatkan promo harian yang diberikan.
“Kami melihat ekosistem yang diciptakan Kallafriends, di mana hampir seluruh karyawan KALLA sudah menggunakan aplikasi ini, ditambah pengguna eksternal, sangat membantu kami memberikan value dan benefit tambahan kepada pelanggan,” tuturnya.
Ke depan, Backhaus berencana mengembangkan program promosi eksklusif yang hanya tersedia melalui Kallafriends.
“Misalnya, pelanggan bisa mendapatkan kemasan khusus, dengan promo yang hanya berlaku di jam tertentu, seperti pukul 10 hingga 11 pagi,” tambahnya.
Baginya, Kallafriends bukan hanya saluran pemasaran, tetapi mitra strategis yang menyediakan fleksibilitas dalam pengaturan promo serta komunikasi yang responsif.
Sementara itu, Customer Experience Department Head KALLA, Diah Zaddiah Rustham, menyampaikan optimisme terhadap pertumbuhan jumlah merchant di platform Kallafriends. Ia menegaskan pentingnya menjaga kualitas dan keberagaman produk yang ditawarkan.
“Keuntungan bergabung menjadi merchants Kallafriends sangat banyak. Kami memberikan benefit promosi kepada mitra kami, di antaranya WhatsApp blast, email blast, media sosial serta beberapa titik promosi di internal asset KALLA,” jelas Diah.
Dengan kolaborasi erat antara pelaku UMKM dan platform digital seperti Kallafriends, brand lokal seperti Backhaus semakin optimistis dalam menghadapi persaingan pasar yang kian kompetitif.
Tinggalkan Balasan